Skip to content

Analisa Teknikal Menggunakan Yahoo Finance

March 27th, 2010

Dosen

Siapa bilang software analisa teknikal mahal? Yahoo Finance adalah alat yang gratis untuk analisa saham di mana di dalamnya terdata alat analisa teknikal gratis yang dapat digunakan untuk analisa saham secara harian (juga mingguan atau bulanan) dengan cukup akurat.

Anda bisa mempraktekkan pengetahuan analisa teknikal yang Anda dapatkan dari situs ini langsung di chart yang tersedia untuk menganalisa IHSG dan saham yang Anda sukai.

Pertama-tama Anda harus main dulu ke situsnya di http://finance.yahoo.com.

Di sana Anda akan melihat berita, video, quote, dan lainnya. Abaikan terlebih dahulu karena di sini Anda akan berfokus pada saham. Lihat kotak Market Summary. Default-nya adalah pasar “US”, perhatikan Dow, Nasdaq dan S&P 500 positif atau negatif. Indeks US akan mempengaruhi indeks lainnya di seluruh dunia. Kemudian klik tab “ASIA”, kemudian klik “>> View more indices”. Di sana ada beberapa indeks di Asia, di antaranya Shanghai Composite (Cina), Hang Seng (Hong Kong), Nikkei (Jepang), Straits Times (Singapura), dan Jakarta Composite (Indonesia). Indeks yang paling berpengaruh ke saham-saham di IHSG adalah Hang Seng (terutama saham perbankan), dan Strait Times (secara umum). Lihat dan ingat kondisi indeks-indeks tersebut hari ini.

Kemudian klik ^JKSE. Di sini Anda akan melihat kondisi indeks kita terlambat sekitar 15 puluh menit yang lalu. Tapi tidak masalah jika Anda seperti kami yang melakukan position trading.

Chart favorit kami adalah candlestick. Indikator favorit kami adalah moving average, bollinger band, dan volume. Cara membuat chart tersebut adalah sebagai berikut.

Buat chart tersebut dengan mengklik Basic Tech. Analysis. Jika sudah, Anda klik satu per satu hal-hal berikut:

  1. Size: L;
  2. Range: 6m;
  3. Type: Candle;
  4. Moving Average: 20 dan 50;
  5. Indicators: Vol;
  6. Overlays: Bollinger Bands;

Setelah itu Anda akan mendapatkan chart seperti ini:

Chart for Composite Index (^JKSE)

Klik di sini untuk melihat grafik di atas langsung di Yahoo Finance.

Selamat! Anda telah mendapatkan chart yang bisa Analisa dengan mudah dari Yahoo Finance. Gunakan petunjuk analisa teknikal kami untuk menganalisa chart tersebut.

Jika Anda ingin menganalisa saham-saham yang berada di dalam Bursa Efek Indonesia menggunakan Yahoo Finance, maka yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan nama sahamnya di bagian “Get Technical Analysis Chart(s) for:” di bagian kanan atas chart Anda dan tambahkan “.JK” di belakangnya. Contoh: ADRO.JK, BUMI.JK, INDF.JK. Kemudian klik “GO”.

Selesai! Silakan Anda coba.

Catatan: Jika Anda ingin mencoba intraday trading, bermain jam-jaman Yahoo Finance sangat tidak akurat karena data versi gratis yang tersedia terlambat sekitar sepuluh menit daripada bursa saham yang diamati. Pergerakan saham intraday sangat cepat dan tidak memungkinkan untuk menggunakan Yahoo Finance untuk mengikutinya. Anda membutuhkan software yang disediakan oleh pihak ketiga yang biasanya juga bayar atau datang ke sekuritas Anda atau menggunakan software online trading untuk mengikuti pergerakan harga intraday tersebut.

(Artikel ini adalah bagian dari seri Belajar Saham)

http://pojoksaham.com/2010/03/26/belajar-main-saham