Skip to content

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

April 1st, 2010

Dosen Saham

Malu bertanya sesat di jalan.  Beberapa waktu yang lalu ada pertanyaan, sebenarnya malah ada dua mengenai Indeks Harga Saham Gabungan dan pengaruhnya terhadap saham-saham yang ada.  Ada yang bilang bahwa IHSG bisa menjadi patokan terhadap harga saham.  Apakah selalu saham itu akan mencapai indeks?  Dan sejenisnya.  Lalu, apakah saham BUMI harganya akan selalu di bawah IHSG?

Saya sedang belajar tentang saham, namun saya masih bingung apa yang di maksud denga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan bagaimana pengaruhnya terhadap saham-saham yang ada. Kami tunggu penjelasannya terima kasih.

~Evander (Bandung Jawa Barat Indonesia)

OK Evander, kami coba jawab pertanyaan kamu sekarang.  Indeks Harga Saham Gabungan adalah rata-rata tertimbang dari harga-harga semua saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Jadi sebenarnya secara sebab dan akibat terbalik, bukannya indeks yang mempengaruhi saham, tapi saham yang mempengaruhi indeks.  Beberapa saham perusahaan yang berkapitalisasi besar seperti TLKM, ASII, ADRO atau biasa disebut juga bluechip jika bergerak akan mempengaruhi indeks lebih besar daripada saham-saham lapis kedua dan ketiga yang berkapitalisasi lebih kecil.

IHSG bisa dianalisa sebagai gambaran umum dari Bursa Efek Indonesia.

Beberapa saham ada yang gerakannya seolah-olah lebih banyak mengikuti IHSG.  Ini biasanya saham bluechip karena memang mereka yang menggerakkan IHSG lebih banyak.  Tapi ada juga yang sering berlawanan, ini biasanya saham-saham gorengan.

Jadi tentu saja, mitos harga saham yang berpatokan ke IHSG itu salah.  Begitu juga saham BUMI.  Tidak ada hubungan sebab akibat yang menyebabkan saham BUMI dipatok ke indeks, mungkin hanya kebetulan semata, atau mitos saja.

Masih ada indeks-indeks lain di IHSG yaitu indeks-indeks sektoral, Jakarta Islamic Index, LQ45, Kompas100, Bisnis27, tergantung tujuan, jenis saham, dan siapa yang menerbitkan.

Jika Anda sedang  mencari analisa IHSG, coba ke sini: Analisa IHSG.

(Artikel ini adalah bagian dari seri Belajar Saham.)

2 Comments

Post a comment
  1. August 11, 2011

    Assalamu’alaikum pak dosen. Saya siswa yang baru lulus smk ni. Dan saya tertarik untuk belajar saham. Namun saya belum mengerti tentang apa itu saham, dan apa singkatan² yang sering dipakai tersebut. Mohon bimbingannya. Maaf pak berhubung saya jarang untuk browsing, mohon di bimbing melalui email saya pak. Terimakasih sebelumnya.

  2. johny tanumihardja #
    November 27, 2011

    terima kasih saya mau belajar dari awal mudah mudahan berkenan Gan

Leave a Reply