Skip to content

Harga Saham

April 4th, 2010

Dosen Saham

Ada berapa macam sih harga saham?  Cara melihat harga saham dimana?  Dan cara mendapatkan daftar harga saham dimana?  Pertanyaan-pertanyaan di atas akan kami jawab dalam artikel ini.

Apa itu harga saham?

Harga saham adalah jumlah uang yang Anda butuhkan untuk membeli satu lembar saham tertentu.

Di Indonesia, transaksi dilakukan dalam satuan lot.  Satu lot adalah 500 lembar saham.  Jadi, jika harga saham ADRO adalah Rp.2.000/lembar saham, maka Anda akan membutuhkan 500 x Rp.2.000 = Rp.1.000.000 untuk membeli satu lot saham ADRO.

Kenapa ada dua harga (bid dan offer)?

Ketika Anda melihat harga saham pertama kali, Anda mungkin bingung kenapa ada harga bid dan offer.  Harga bid adalah harga permintaan dari pembeli.  Harga offer adalah harga penawaran dari penjual.  Jika ada harga yang jadi pada satu waktu tertentu (entah di bid atau offer), maka menjadi harga pasar saat itu.

Prinsip ekonomi di sini adalah pasar (termasuk pasar modal) adalah pertemuan antara pembeli dan penjual.  Pembeli menginginkan harga serendah-rendahnya pada saat membeli.  Penjual menginginkan harga setinggi-tingginya untuk barang dagangannya.  Ketika pembeli dan penjual “ketemu” harganya, maka terjadilah transaksi.

Ada berapa macam harga saham?

Ada banyak, tapi kami tuliskan dua di sini, yaitu harga pasar dan harga wajar.  Harga pasar adalah harga transaksi terakhir antara pembeli dan penjual.  Harga pasar ini bisa cepat berubah.  Harga wajar adalah harga saham tersebut sewajarnya.

Untuk mengetahui harga pasar Anda bisa melihatnya di beberapa situs yang kami sebutkan di bawah.  Untuk mengetahui harga wajar, Anda harus bertanya atau membaca laporan dari analis fundamental, karena itu ranah mereka.  Harga wajar ini bisa berbeda-beda antara satu analis dengan yang lain.

Jika Anda mau coba bertanya, coba sambangi Bang Teguh, selagi threadnya masih ada.

Dimana bisa melihat harga saham?

Ada beberapa situs yang menyediakan harga saham secara real time, yaitu harga pada detik itu, dan beberapa terlambat, dan ada situs yang menyediakan data harian.  Silakan Anda ke situs-situs berikut:

  1. Yahoo Finance: masukkan nama saham ditambah .JK sebagai akhiran (contoh: ADRO.JK) di kolom sebelum “Get Quotes” untuk mengecek nama saham, dan ^JKSE untuk indeks IHSG.  Data terlambat sekitar 15 menit.  Baca juga artikel Analisa Teknikal Menggunakan Yahoo Finance.
  2. Makindo:  ini salah satu situs paling cepat untuk mengecek harga saham karena ringan.  Masuk ke tab Research, lalu Stock Analysis, dan input nama sahamnya.  Harga benar-benar real-time (detik itu juga).

Data tersebut adalah data intraday (harga pada saat jam transaksi).  Ada lagi harga end-of-day, yaitu harga setelah penutupan jam 4 sore.   Melihatnya juga bisa di Yahoo Finance, yaitu setelah Anda lakukan langkah sampai dapat harganya, klik “Historical Prices” di sebelah kiri.

Dari mana saya bisa download harga saham?

Data end-of-day dari Yahoo Finance yang kami tuliskan di atas bisa di-download.

Anda juga bisa mendownload data langsung dari situs IDX, klik market data di sebelah kanan, masukkan tanggal yang diinginkan, klik Stock Summary, dan Submit.

(Artikel ini adalah bagian dari seri Belajar Saham)

?

4 Comments

Post a comment
  1. ine #
    October 3, 2010

    pa dosen butuh private nih!!!
    saya baru menemukan blog ini dan sangat2 tertarik untuk bermain saham, step2 nya bagaimana???

    tks

  2. bogel #
    April 17, 2011

    saya blm tau, langkah apa yg harus saya lakukan dgn modal minimum ini,,, mhn arahanya,,,

  3. miftah #
    December 15, 2011

    Assalamu’alaikum. . .
    Saya seorang mahasiswa bagi saya bermain saham masih sangat awam. Tlong beritahu saya bagaimana tata cara mulainya? Brapa modal utk memulainya?
    Thanks.

  4. July 24, 2012

    bagus pak dosen infonya saya sangat tertarik untuk bisa trading di dunia maya.mohon arrahannya makasih

Leave a Reply