Skip to content

Mengenal Dividen Saham

April 22nd, 2010

Dosen

Dividen adalah bagian keuntungan dari perusahaan yang dibagikan secara langsung kepada investor, biasanya dalam bentuk uang tunai, namun bisa juga berupa saham.

Anda mungkin sering mendengar kata dividen, tapi pernahkah Anda mendapatkan dividen?  Sebenarnya pada awalnya harapan keuntungan dari saham ini adalah dari dividennya.  Bayangkan, jika harga saham tetap dan tidak diperdagangkan bebas, darimana investor mendapatkan keuntungan?  Tidak lain tidak bukan adalah dari dividennya.

Kemudian apakah perusahaan yang membagikan dividen sahamnya mahal?  Ya, biasanya perusahaan yang rajin membagikan dividen sudah cukup established sehingga mampu membagikan dividen.

Apakah perusahaan yang mahal membagikan dividen?  Tidak.  Banyak perusahaan growth company yang menginvestasikan kembali keuntungannya dengan harapan perusahaan tersebut bisa berkembang.

Siapa yang menentukan pembagian dividen?

Besar dividen ditentukan di dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bagaimana agar saya mendapatkan dividen?

Anda harus membeli dan memegang saham perusahaan tersebut sampai akhir hari cum-datenya (16.00), dan boleh menjualnya di ex-date.

Pada saat cum-date, investor yang memegang saham dicatat dan dilaporkan nama-namanya menjadi yang berhak mendapatkan dividen.

Pada hari ex-date, investor yang membeli tidak lagi berhak atas dividen.

Misalkan, saham MPPA dengan data sebagai berikut:

  • Cum-dividen di pasar reguler dan negosiasi pada tanggal 28 April 2010;
  • Ex-dividen di pasar reguler dan negosiasi pada tanggal 29 April 2010.

Maka Anda perlu menahan penjualan saham tersebut sampai tanggal 29 April 2010 jika Anda ingin mendapatkan dividennya.

Dimana saya bisa melihat informasi tentang dividen?

Anda dapat mampir ke situs http://ksei.co.id kemudian ke menu Publikasi > Pengumuman Corporate Action >Dividen Tunai.  Di sana Anda bisa melihat daftar dividen yang terbaru.  Klik nomor suratnya untuk melihat detil tanggal-tanggalnya.

Sebenarnya dividen penting nggak sih?

Dividen sangat penting bagi investor karena mereka menahan saham tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama, dan tidak merealisasikan keuntungan dari capital gain dalam jangka waktu yang sangat lama juga (contoh:  Warren Buffett).

Pada umumnya* ada tidaknya dividen itu sendiri setidaknya menunjukkan dua hal:

  1. Performa perusahaan tersebut bagus;
  2. Arus kas perusahaan tersebut lancar.

Sehingga untuk trader (yang mengincar capital gain), dividen juga penting untuk menentukan perusahaan yang bagus, selain juga pengumuman akan adanya dividen dapat menyebabkan lonjakan permintaan akan saham yang bersangkutan.  Banyak permintaan, artinya harga saham terangkat.  Namun, berhati-hatilah, jika banyak orang yang berharap dividen namun tidak ingin memegang sahamnya dalam jangka waktu lama, maka setelah pembagian dividen, harga saham tersebut juga sering turun, bisa-bisa sebesar dividennya sendiri.

Catatan:  *Ada catatan khusus untuk MPPA yang membagikan dividen adri penjualan asetnya yaitu Matahari Department Store