Skip to content

Mengapa Harus Saham?

Agar Anda tertarik untuk masuk ke dunia pasar modal, maka di sini saya harus mencoba untuk memanfaatkan keinginan terbesar manusia modern yang tidak akan Anda akui, tapi ada di belakang pikiran Anda:  “Bagaimana cara saya bisa mendapatkan uang dengan mudah?

Satu-satunya cara mendapatkan uang dengan mudah adalah dengan berinvestasi.  Tapi tentu saja, hal yang mudah belum tentu mudah, dan hal yang sulit belum tentu sulit.  Jadi, investasi itu mudah tapi sulit.  Maksud saya bagaimana?  Akan saya jelaskan.

Di dunia ekonomi sekarang ini, jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi, Anda bisa memilih dari salah satu instrumen investasi ini, yang akan saya urutkan dari yang paling mudah ke yang paling sulit.

  1. Deposito di bank favorit Anda.  Ini adalah tempat teraman dan termudah untuk menyimpan uang Anda, tapi juga merupakan tempat dengan tingkat pengembalian paling kecil.  Perhatikan bunga deposito yang tidak lebih dari 6%.  Jika modal Anda Rp100 juta, 6% adalah setara dengan Rp6 juta per tahun, atau Rp500.000,- per bulan.  Tentu jumlah tersebut tidak akan menambah kekayaan Anda dengan signifikan.
  2. Belikan emas di toko emas favorit Anda.  Ini juga mudah saja karena emas secara historis, dalam jangka waktu sangat panjang pastilah naik.  Tapi sebenarnya investasi emas juga tidak menambah kekayaan Anda, tapi akan mempertahankan kekayaan Anda.
  3. Belikan properti.  Nah, ini saya anjurkan untuk investasi.  Tapi perlu diingat juga bahwa modal untuk beli properti tidak kecil.  Ada survey yang mengatakan bahwa rata-rata orang baru bisa membeli rumah pertamanya setelah 10 tahun menikah.  Semua orang kaya pasti punya investasi properti, karena kenaikan nilai properti, khususnya di daerah-daerah strategis dan berkembang, sangat tinggi, bisa mencapai 20%-40% per tahun.
  4. Belikan obligasi korporasi atau ORI.  Ini juga cukup aman jika obligasi yang Anda beli punya rating yang bagus.  Biasanya tingkat pengembaliannya di atas 10%, atau paling tidak di atas bunga deposito.
  5. Belikan saham.  Ini paling sulit, tapi dengan tingkat pengembalian paling tinggi.  Jika bunga deposito 6% setahun, kenaikan suatu saham bisa lebih dari 6% per hari, bahkan lebih.  Begitu juga, dibandingkan properti, kenaikannya bisa lebih dari 20% per bulan, dan tentu saja jauh lebih likuid dan tanpa biaya-biaya penjualan.  Namun, Anda harus pintar memilih dan memilah…  Inilah kenapa website pojoksaham ada.

Jadi, jika Anda mau kaya, tentu Anda harus mengembangkan apapun dana atau di sini kita sebut modal yang Anda miliki dengan cepat.  Sekarang ini, salah satu sarana atau instrumen tercepat untuk mengembangkan modal yang tersedia untuk siapa saja adalah pasar modal melalui jual beli saham.  Sudah tertarik? Stay tuned.  Ada artikel menarik setelah ini tentang Trading For A Living.